timer

Ads

Tegaskan Netralitas TNI dan Wujudkan Pemilu Damai 2024, Kodim 0604/Karawang Gencar Lakukan Hal Ini

Tegaskan Netralitas TNI dan Wujudkan Pemilu Damai 2024, Kodim 0604/Karawang Gencar Lakukan Hal Ini


Mediasebelas.com - Dalam rangka menegaskan netralitas TNI dalam Pemilu serta mewujudkan Pemilu tahun 2024 yang damai dan kondusif, dengan slogan "Pemilu Damai 2024, Damai Itu Indah", Kodim 0604/Karawang, Korem 063/SGJ, Kodam III/Siliwangi lakukan sosialisi kepada masyarakat secara masive.

Berbagai macam cara dilakukan oleh jajaran Kodim 0604/Karawang dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat seperti ;

1). Berinteraksi langsung dengan masyarakat dalam giat Minggon Desa, Minggon Kecamatan, Program Rabu Berburu, Program Jum'at Berkah, Program Sabtu Kasih Sayang, Program Minggu Sehat.

2). Penggunaan sarana media masa, seperti sosialisasi melalui siaran di Radio Sturada Karawang serta menghimpun pemberitaan terkait kegiatan sosialisasi pemilu damai tahun 2024 lewat media lokal maupun nasional.

3). Pemasangan Pamflet dan Baliho yang berisikan ajakan pelaksanaan Pemilu Damai kepada masyarakat secara masive di seluruh Koramil-Koramil dan tempat-tempat strategis di wilayah Karawang.

Adapun poin-poin yang akan disampaikan dalam melakukan sosialisasi tersebut adalah sebagai berikut ;

a). Netralitas TNI Harga Mati, mutlak dilaksanakan untuk menjaga pemilu yang aman dan damai, sesuai dengan UU No. 34 Tahun 2004 dan UU No. 7 Tahun 2017. 

b). Prajurit TNI tidak boleh memihak/memberikan dukungan kepada Parpol, tidak memberikan fasilitas, sarana dan prasarana TNI menjadi sarana kampanye, tidak memberikan arahan kepada keluarga Prajurit/PNS TNI terkait Pemilu, tidak memberikan tanggapan terhadap hasil Quick Count dalam bentuk apapun serta tidak boleh menurunkan baliho Capres/Cawapres ataupun Caleg.  

c). Mengajak kepada seluruh elemen Masyarakat dan pihak-pihak lainnya yang ada di Karawang agar berkomitmen bersama dalam menciptakan pemilu yang aman, kondusif dan damai.

d). Bertekad bersama-sama mewujudkan persatuan dan kesatuan agar tercipta suasana Pemilu yang aman, kondusif dan damai, khususnya di wilayah Kabupaten Karawang.

e). Jauhi hoax, ujaran kebencian, saling fitnah, menghasut, mengadu domba, menghina peserta Pemilu melalui SARA dan lain sebagainya, sehingga tercipta situasi dan kondisi Pemilu yang aman dan damai.

f). Membuat posko pengaduan di Koramil-Koramil jajaran Kodim 0604/Karawang tentang Netralitas TNI.

Disampaikan Dandim 0604/Karawang, Letkol Inf Dede Hermawan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan agar masyarakat Karawang dapat menjalani Pemilu dengan aman dan damai, serta menegaskan bahwa, TNI bersikap Netral dalam Pemilu.



"Saya sudah instruksikan kepada para Danramil dan Babinsa agar melakukan sosialisasi pemilu damai kepada masyarakat dan mengajak masyarakat dalam mensukseskan Pemilu 2024 dengan aman, damai, dan kondusif,"kata Dandim. Kamis (16/11/23).

"Disamping itu, jajaran Kodim 0604/Karawang siap mengamankan serta menjaga kondusifitas Karawang dalam menghadapi gelaran Pemilu 2024 mendatang,"jelas Dandim.

Orang nomor 1 di Kodim 0604/Karawang itu pun menegaskan, bahwa seluruh jajaran Kodim 0604/Karawang, netral dalam Pemilu, 

"Jika pun kedapatan ada personil yang melanggar, itu adalah oknum, silahkan laporkan ke posko pengaduan agar bisa ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku,"tegas Dandim.

Tag

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.